SHARE NOW

Buruh : Beban Kami Berat, Anak Masih Sekolah, PT Sawit Mas Sejahtera PHK Sepihak 250 Pekerjanya

LAHAT| Tvnyaburuh com – Seni Karlina, Ketua Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Niaga Informatika Keuangan dan Perbankan dan Aneka Industri (DPC FSB NIKEUBA) Kab. Lahat menyayangkan sikap manajemen PT Sawit Mas Sejahtera (PT SMS) Regional Sumatera Selatan II yang melakukan PHK tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Dari data yang diperoleh, dari 5 unit Estate PT SMS di Kab. Lahat Sumatera Selatan, karyawan yang di PHK sekitar 250 karyawan. Jumlah pastinya belum diketahui.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari PT SMS perihal PHK massal ini.

Namun, Seni mengatakan, informasi yang dia dapat dari Manager Unit PT SMS Sungai Pangi Estate (SPGE), PHK dilakukan dengan alasan replanting atau peremajaan.

Menurut Seni, kebanyakan yang di PHK adalah karyawan perempuan. Seni pun berharap pihak PT SMS dapat mempekerjakan kembali karyawan yang masih produktif.

“Dari pada mencari karyawan baru yang belum tahu sistem kerja dan lokasi, lebih baik memperkerjakan kembali karyawan lama,” kata Seni di Kab. Lahat, Senin (30/8/2021) dilansir dari kantor berita buruh.com.

Ia juga berharap, pemerintah dalam hal ini, Dinas Ketenagakerjaan dapat melakukan pengawasan khususnya di perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di kabupaten lahat.

Senada dengan Seni, para Karyawan PT SMS yang di PHK juga berharap dapat dipekerjakan kembali meskipun dengan sistem kontrak.

“Beban saya masih berat. Anak masih sekolah dan saya menafkahi ibu dan anak-anak saya sendirian.” tandas Leni salah satu Karyawan PT SMS yang di PHK. 

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER