SHARE NOW

Buruh Digaji Hanya 10%, DPC FSB Kamiparho DKI Jakarta Ancam Aksi 2 Hari di PT Kemang Food Industries

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (DPC FSB KAMIPARHO) DKI Jakarta bersiap menggelar aksi demonstrasi di PT Kemang Food Industries, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Aksi akan digelar pada Kamis sampai Jumat, 9-10 September 2021. Aksi dipicu atas sikap manajemen Perusahaan PT Kemang Food Industries yang merumahkan buruhnya namun hanya memberikan upah 10 persen dari upah per-bulan tanpa kesepakatan dengan pengurus serikat.

“Jadi pada tanggal 13 Agustus 2021 kemarin, saya diberikan informasi atau di undang via WA (WhatsApp) oleh HRD PT Kemang Food Industries yang pada intinya untuk ketemu atau ikut dalam meeting yang sudah disiapkan oleh direksi,” kata Ludiman, Ketua PK FSB Kamiparo PT Kemang Food Industries dikutip dari kantorberitaburuh.com dari channel youtube Media Kamiparho Jakarta, Minggu (5/9/2021).

Karena diundang sebagai serikat, Ludiman pun membawa tim pengurus lainnya. Namun dalam pertemuan itu, ia dan timnya tidak diperkenankan masuk dengan alasan, akan ada agenda sendiri.

Ternyata, menurut Ludiman, pihak manajemen telah mengambil 1 orang buruh di luar pengurus serikat, seolah-olah mewakili buruh dalam putusan meliburkan buruh dengan gaji hanya 10 persen.

“Berhubung di hari itu (meeting) sudah diambil keputusan yang sudah langsung dijalankan, Tanggal 16 kami, sebagian dari Karyawan PT Kemang Food Industries diberikan surat terkait untuk teman-teman yang dirumahkan,” kata Ludiman.

Sejak saat itu, ia dan karyawan yang diliburkan tidak lagi diperbolehkan masuk bekerja. Dari informasi, jumlah buruh yang dirumahkan mencapai 100 orang.

Atas dasar itu, buruh pun melakukan aksi unjuk rasa untuk menuntut pihak manajemen kembali melakukan Musyawarah. Menurut Ludiman, selain itu, ada tuntutan lainnya yakni soal iuran BPJS yang belum disetorkan pihak perusahaan padahal gaji buruh sudah dipotong.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER