SHARE NOW

FSPMI Pelalawan GELAR Pelatihan Media di HUT RI Ke-76

PELALAWAN | tvnyaburuh.com – Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kabupaten Pelalawan adakan pendidikan jurnalistik kepada kader media baru khusus Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Perkebunan dan Kehutanan (PUK SPPK) PT. Musimas merupakan pendidikan perdana untuk tim baru yang berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Bertempat dikantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)/KC FSPMI, Selasa (17/08/2021) pukul 12:00 WIB, pemateri kali ini langsung disampaikan oleh bidang pendidikan dan kaderisasi Media Perdjoeangan Pelalawan Hedirman Waruwu. Turut hadir Wakil Sekretaris Konsulat Cabang Rahmad serta kader anggota media yang baru.

Hedirman Waruwu menyampaikan tentang pentingnya membuat jurnal dengan baik dan benar agar bisa dibaca masyarakat luas serta seorang pers harus mempunyai kapasitas dan kualitas agar jurnal yang dibuat bisa dipahami dan dimengerti.

 

Ada 3 dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalistik:

1. Wawasan atau pengetahuan (knowledge)= seorang jurnalistik harus mempunyai wawasan atau pengetahuan tentang berita yang akan dibicarakan, serta bisa dipertanggungjawabkan.

2. Keahlian atau keterampilan (skill)= seorang jurnalistik harus mempunyai keahlian atau keterampilan untuk membuat berita itu layak dibaca, layak ditampilkan didepan publik serta menarik.

3. Etika atau sikap (attitude)= seorang jurnalistik harus mempunyai sikap atau etika yang baik ketika mewawancarai narasumber.

Setiap berita harus memberikan informasi yang lengkap kepada para pembaca. Salah satu metode untuk mendapatkan kaya akan informasi dan mendalam yaitu dengan memenuhi unsur 5W+1H (what, why,when,where, who, how).

“Dengan HUT Indonesia yang ke 76 ini saya berharap kawan-kawan bisa lebih meningkatkan kualitas serta kapasitasnya, dan tidak mengesampingkan etika dan atitude seorang pers, dan saya berharap dengan adanya pendidikan ini dapat meningkatkan kreatifitas tim media baru dalam mengembangkan berita sesuai dengan informasi dilapangan”, ucap Rahmad.

“Terimakasih kepada kawan-kawan yang telah memberikan semangat dan kontribusinya, saya bangga dengan orang yang semangat seperti anda, dengan ini saya Hedirman Waruwu selaku divisi pendidikan menutup agenda pendidikan media hari ini, sekian dan terimakasih”, tutupnya.

 

Eldrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER