SHARE NOW

Kisah Mantan Buruh Perempuan, Kini Jadi Wanita Terkaya Didunia, Hartanya Rp 200 Triliun

MEDAN| Tvnyaburuh.com – Kisah mantan buruh pabrik yang kini menjadi salah satu wanita terkaya di dunia.

Saat bekerja sebagai buruh pabrik, wanita ini hanya dibayar USD16 atau Rp228.000 (kurs saat ini). Namun, sekarang kekayaannya mencapai USD14 miliar atau setara Rp200 triliun.

Dia adalah Wu Yajun. Mantan buruh pabrik yang menjelma sebagai taipan real estate di China, dilansir dari economy.okezone.com

Berikut kisahnya :

Wu Yajun mendapat kesuksesan dengan kerja keras karena dia terlahir bukan dari kalangan kaya.

Yajun lahir di Chongqing, China pada 1964. Dia mulai kuliah pada usia 16 tahun dan lulus dari Northwestern Polytechnical University di Xi’an, Shaanxi, China pada 1984 dengan gelar bidang teknik.

Dikutip dari celebritynetworth, Jakarta, Minggu (5/9/2021), setelah lulus kuliah, dia mendapat pekerjaan di pabrik Qianwei Meter, di mana Yajun hanya dibayar 16 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp228.000 (kurs saat ini) sebulan.

Dia bekerja sebagai buruh di pabrik tersebut selama empat tahun, lalu alih profesi menjadi jurnalis di Kantor Berita China Shirong dari 1988-1993.

Media massa tersebut dimiliki Biro Konstruksi Pemerintah Kota Chongqing. Dari sanalah, Yajun mendapatkan pengetahuan dan jaringan yang lebih luas untuk memulai kariernya di industri real estate.

Pada 1993, dia dan suaminya membeli apartemen pertama mereka. Apartemen yang dibelinya memiliki beberapa masalah, seperti pencahayaan yang buruk hingga lift jarang yang berfungsi. Hal tersebut mendorongnya untuk mendirikan perusahaan pengembangan real estate yang kemudian dinamai Longfor Properties.

Yajun dan suaminya memulai perusahaan tersebut dengan modal awal 10 juta yuan. Perusahaan yang berbasis di Hong Kong dan beroperasi di 47 kota di China ini menghasilkan pendapatan sebesar USD10,7 miliar pada 2017.

Pada tahun yang sama, Longfor menjual proyek perumahan pertamanya di kampung halaman Yajun di Chongqing seharga USD157 per meter persegi. Selain itu, Longfor juga menjadi salah satu perusahaan pertama yang mengembangkan pusat perbelanjaan di China.

Berkat bisnisnya yang sukses di bidang properti, Yajun berhasil mencatatkan namanya menjadi perempuan terkaya urutan ketujuh di dunia pada 2017, dengan kekayaan bersih mencapai USD4,6 miliar.

Sementara berdasarkan data terbaru Forbes, Yajun kini berada di posisi 100 orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai USD14 miliar atau Rp200 triliun.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER