SHARE NOW

KPK Sempat Bingung, Buronan Harun Masiku Tidak Ada di Website Interpol

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Buronan KPK, Harun Masiku tidak ada di website resmi interpol. Padahal, mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) itu sudah menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI tahun 2019.

“Jadi, KPK sudah berkoordinasi dan bertanya terkait ini, bagaimana kemudian tidak ada di sana (website interpol),” katanya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Minggu (8/8/2021) dilansir dari merdeka.com.

Katanya, di website tersebut ada beberapa buronan internasional yang tercantum dan itu adalah permintaan dari negara lain. Sehingga, kalau ada permintaan dari negara lain memang akan dicantumkan dalam interpol NCB Indonesia.

“Kalau dari permintaan dalam negeri Indonesia sendiri itu tidak dicantumkan, tetapi bisa diakses oleh seluruh anggota interpol terkait hal itu,” katanya.

“Jadi, perlu kita sampaikan walaupun kemudian tidak dipublikasikan data red notice tadi itu tapi tetap dapat diakses melalui anggota interpol maupun penegak hukum melalui sistem jaringan interpol, gitu,” sambungnya.

Kendati demikian, lanjutnya, KPK akan terus mencari keberadaan Harun hingga kini. Meskipun namanya tidak tercantum.

“Jadi, tidak terpublikasinya di dalam website tersebut tentu tidak mengurangi upaya pencarian buronan tersebut karena negara-negara lain masih bisa mengaksesnya,” pungkasnya.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER