SHARE NOW

Ramai Tagar Save Buruh Yamaha di Medsos, Ada Apa? Ini Sebabnya

JAKARTA| Tvnyaburuh.com – Dalam beberapa pekan terakhir ini laman media sosial Facebook diramaikan tagar bertuliskan terkait pekerja/buruh pabrik pembuatan sepeda motor bermerek Yamaha.

Adapun beberapa tulisan tagar yang berseliweran di dunia medsos adalah sebagai berikut:

#SaveBuruhYamaha

#SavePKBYamaha

#PKBTANPAOMNIBUSLAW

#SavePKBTanpaOmnibusLaw

#guetolakomnibuslaw

#SavePKBHargaMati

#TolakOmnibusLaw

#BatalkanUUCiptaKerja

#YamahaIndonesia

#YamahaFactoryRacing

#YamahaDay

Diketahui, tagar buruh tersebut ternyata diakibatkan oleh rencana dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufakturing (YIMM) yang akan merubah Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan menggunakan ketentuan undang undang Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Berkaitan dengan hal tersebut, ribuan para buruh yang tergabung dalam Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Automotif, Motor dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAMK FSPMI) di PT Yamaha Motor ini dengan tegas menolak melakukan pembahasan PKB tersebut jika perusahaan tetap menggunakan Omnibus Law.

Menurut salah seorang pengurus PUK FSPMI, pihak perusahaan diduga sengaja menunggu momen UU Cipta Kerja dalam melakukan perundingan PKB PT Yamaha, harusnya kata dia PKB yamaha tersebut sudah berakhir dan harus dibahas pada 22 September 2020 yang lalu. 

Dengan berdalih situasi Pandemi Copid 19 perusahaan belum bersedia melakukan pembahasan PKB yang sudah habis waktunya, padahal pihak serikat buruh kala itu sudah menyurati perusahaan untuk melakukan pembahasan PKB yang akan berlaku untuk 3 tahun sekali.

Hingga akhirnya pihak perusahaan meminta perpanjangan waktu setahun dan tetap menerapkan PKB yang lama terhadap hak dan kewajiban para buruh Yamaha Indonesia yang akan berakhir pada 13 September 2021 mendatang.

Sementara itu akun resmi Facebook PUK AMK FSPMI PT YIMM, baru-baru ini menuliskan harapanya pada pihak perusahaan. Unggahan dengan menautkan gambar pembalap Moto GP dari Tim Yamaha, dalam tulisannya meminta agar PT YIMM juga dapat memperhatikan kesejahteraan buruhnya yang sudah banyak memberikan keuntungan selama puluhan tahun mereka bekerja disana. 

Berikut postingannya :

“Dengan Kesejahteraan yang baik, Fabio Cuartararo bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang Maximal untuk Tim Yamaha. Begitu juga Karyawan Yamaha, ketika diberi Kesejahteraan yang baik akan memberikan Kualitas dan Kuantitas Produksi yang terbaik untuk PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing,” tulis akun ini, Senin (30/8/2021).

#TIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER