SHARE NOW

Terikini, Saat Sahur Terjadi Gempa Mag 5,1 di Mentawai, Getaran Sampai Ke Padang

PADANG,Tvnyaburuh.com – Saat Sahur, Gempa Bumi cukup kuat menguncang Kawasan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu, 12 Mei 2021.

Dikutip dari Beritaminang.com, Gempa dengan Mag:5.1 terjadi pukul 03:44:42 WIB ini terasa kuat hingga Padang. Gempa ini sempat mengagetkan warga yang akan sahur.

Menurut Keterangan BMKG :

Hari ini Rabu, 05 Mei 2021 pukul 08.24.35 WIB wilayah Mentawai diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan Mw=5,8 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=5,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,06 LS dan 99,59 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km arah Timur Kota Tuapejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 41 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG dalam akun resminya, Rabu, 05 Mei 2021menyampaikan analisis Gempa Bumi Tektonik di Kepulauan Mentawai, sebagai berikut:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak Gempabumi:

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Mentawai IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Painan III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Padang, Pariaman III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Sunami, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir dan cemas.

#Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER