SHARE NOW

Tolak PHK Sepihak dan THR Cicil, Ratusan Buruh SPAI FSPMI DKI Geruduk 4 Perusahaan PMA

JAKARTA, Tvnyaburuh.com – Ratusan buruh yang tergabung dalam Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PC SPAI FSPMI) DKI Jakarta menggelar aksi perjuangan kasus kasus buruh di empat lokasi perusahaan digelar secara serentak pada jumat , 9 April 2021.
 
Adapun keempat perusahaan yang digeruduk oleh masa buruh FSPMI DKI Jakarta ini yakni,  Perusahaan  Penanaman Modal Asing yaitu PT.G4S Indonesia security servis, PT.G4S Indonesia security solution servis, PT.Giordano Indonesia dan PT.Sushi Thei Indonesia.
 
Dalam orasinya didepan gerbang PT Giordano Indonesia , para buruh mengeritisi kebijakan ke empat perusahaan tersebut , sehubungan  dengan adanya perselisihan Hubungan Industrial yang tidak sesuai dengan ketentuan dan perundangan ketenagakerjaan , yaitu telah terjadi PHK sepihak Terhadap  para Ketua, Sekertaris, Pengurus dan Anggota FSPMI disana.
 
” Bahkan, pasca di sahkan UU 11 2020 tentang cipta kerja dan peraturan turunan nya menjadi pintu masuk pembenaran bagi perusahaan untuk Melakukan PHK , Mutasi, pemotongan upah/THR di cicil yang di lakukan secara sepihak tanpa melibatkan serikat pekerja” ketus orator aksi dari PC SPAI DKI Jakarta , Jumat (9/4/2021).
 
Sementara Kardinal selaku Ketua PC SPAI FSPMI DKI kepada Tvnyaburuh.com menyampaikan bahwa, para buruh juga menyorot lambanya tindakan penyelesaian permasalahan buruh tersbut oleh aparat Pemerintah dalam hal ini Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melalaui jajaranya Dinas Tenagakerja setempat , untuk itu dia meminta agar pemerinyag dapat fokus pada penegakan hukum dan  aturan ketenagakerjaan serta segera menuntaskan persoalan para buruh.
 
” Hal ini agar memberikan perlindungan terhadap hak hak kaum buruh, dan kasus kasus yang sudah berlarut segera terselesaikan sehingga buruh bisa mendapatkan kepastian hukum dan haknya” tegas Kardinal.
 
Ia juga menyampaikan, dalam aksi hari ini, pihaknya mengusung berberapa poin tuntutan yakni, Tolak Union Busting, Tolak PHK Sepihak, Bayarkan Upah Skorsing / di Rumahkan, dan Menolak THR di Cicil .
 
” Apabila pengusaha tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan hak buruhnya, maka kami akan terus menggelar aksi sampai tututan dipenuhi” pungkasnya.
 
Pantauan tvnyaburuh.com, aksi para buruh mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian, usai menggelar aksi didepan perusahaan, para buruh kembali bergerak menuju beberpa titik perusahaan lain yang menjadi sasaran aksi para buruh berikutnya.
 
#tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER