SHARE NOW

INI 3 TOKOH PENDIRI~ ORGANISASI SERIKAT BURUH BESAR DI INDONESIA

TVnya Buruh – Seputar Tokoh Organisasi Perburuhan STOP di kanal berita tvnya buruh. Kali ini kita akan angkat 3 tokoh pendiri organisasi serikat buruh terbesar di Indonesia.

Siapa saja kah mereka…??, UPS, sebelum menonton jangan lupa Subcribe Canel kita ya.

Berikut kami tayangkan 3 tokoh atau pendiri organisasi serikat buruh terbesar yang ada di Indonesia.

Yang pertama ada Alm Jacob Nuwa Wea. Ya, beliau adalah pendiri organisasi serikat buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau KSPSI. Beliau juga merupakan mantan Mentri ketenagakerjaan dan transmigrasi pada era kabinet Gotong Royong. Selain itu, beliau juga merupakan pengurus Partai PDIP.

Jacob yang memiliki darah Flores, meluluskan sekolah dasar di Sekolah Rakyat Flores, Sekolah menengah Pertama di Ende dan Sekolah Menengah atas Mataram.

Sedangkan gelar pendidikannya di selesaikannya di Akademi Ilmu Perburuhan Jakarta pada tahun 1978.

Sahabat buruh, dalam masuknya Jakob ke dunia politik didasari ole 3 pokok yang ingin dicapainya yaitu: meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya, menegakan supremasi hukum dengan memperjuangkan dua rancangan undang-undang Pembinaan dan Perlindungan ketenagakerjaan, serta rancangan Undang-Undang Penyelesaian Perselisihan Industrial.

Yang kedua ada Alm. Thamrin Mosii yang merupakan pendiri organisasi serikat pekerja serikat buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI.

Thamrin Mosii merupakan seorang legenda serikat pekerja yang mereformasi gerakan buruh Indonesia setelah era kePresidenan Soeharto.

Selain Pendiri dan Presiden Pertama KSPI, Thamrin Mosii juga merupakan Pendiri dan mantan Presiden Serikat Pekerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia atau FSPMI.

Thamrin di kenal sebagai Organisator yang sangat kuat, kontribusinya adalah membangun gerakan serikat pekerja yang kuat di Indonesia dengan komitmen membela dan melindungi pekerja.

Thamrin Mosii sendiri pernah bekerja sebagai buruh di PT. Panasonic Manufacturing Indonesia dari tahun 1971 sampai dengan tahun 2002.

Di Perusahaan tersebut lah beliau mendirikan organisasi Serikat Pekerja Lokal dan untuk pertama kalinya berkarier di dunia perburuhan hingga menjadi Ketua Serikat Pabrik Panasonic pada tahun 1978.

Mosii merupakan pemimpin buruh yang sangat bijaksana, selalu jernih dalam setiap perjuangan dan berkomitmen pada gerakan serikat buruh.

Mosii menciptakan akar rumput yang kuat, serta mengelolah serikat pekerja dengan ke anggotaan dan iuran.

Thamrin Mosii memiliki filosofi bahwa serikat pekerja harus demokratis, mandiri dan Representatif.

Yang terakhir atau yang ketiga adalah tokoh yang mendirikan serikat pekerja Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia atau KSBSI. Beliau adalah Alm Muchtar Pakpahan.

Bukan hanya tercatat sebagai pendiri KSBSI, Muchtar juga menjadi tokoh pertama yang mampu mendirikan serikat pekerja serikat buruh Independen di Indonesia.

Lelaki yang lahir di Jambi 2, tanah Jawa, Simalungun Sumatera Utara ini juga memiliki segudang prestasi yang di antaranya pernah menjabat sebagai Governing Body ILO mewakili Asia, Vice President World Confederation of Labor ILO.

Mucthar juga merupakan pendiri Partai Buruh Sosial Demokrat pada tahun 2003 dan pada tahun 2010 focus di kantor pengacaranya yaitu Mucthar Pakpahan Associates serta mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Lelaki yang akrab disapa bung Mucthar ini menghabiskan masa kecilnya di Sumatera Utara tepatnya tanah Jawa dan hijrah ke kota Medan saat memasuki sekolah menenga atas atau SMA.

Mucthar memperoleh gelar sarjana di Universitas Sumatera Utara (USU), Program Pasca Sarjana S2 Politik di Universitas Indonesia dan gelar doctor hukum diraihnya di universitas Indonesia pada tahun 1993.

Tercapainya gelar doctor hukum tersebut, juga bersamaan dengan yang kemudian diterbitkan menjadi buku, berjudul “DPR Semasa Orde Baru”.

Gimana sahabat buruh, cukup menginspirasi bukan…??

3 tokoh pendiri organisasi serikat pekerja serikat buruh ini memiliki banyak sekali pengalaman, pengetahuan dimasa hidupnya ya.

Selain itu, mereka juga mempunyai prestasi dan pendidikan yang lumayan baik ya sahabat buruh. Luar biasa bukan!!!

Sampai disini dulu pertemuan kita dalam tayangan Seputar Tokoh Organisasi Perburuhan STOP ya sahabat. Jangan sampai ketinggalan episode berikutnya ya. Dan yang paling penting, jangan sampai tidak Subcribe, like, koment serta bagikan terus kanal berita Tvnyaburuh ya, agar suara buruh terdengar se Antero negri ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER