SHARE NOW

INI DIA KONFEDERASI SERIKAT BURUH TERBESAR~BERIKUT SEJARAH SINGKATNYA

TVnya Buruh – Kita ketemu lagi nih dalam tayangan kanal berita tvnya buruh STOP atau Seputar Tokoh Organisasi Perburuhan.

Nah kali ini kita akan mengangkat Seputar Tokoh Organisasi Perburuhan apa ya…??

Baik pemirsa kali ini kita akan mengangkat tentang beberapa Serikat Buruh Terbesar Di Indonesia. Siapa saja kah Organisasi tersebut, berikut kami tampilkan nama dan sejarahnya.

Yang pertama, ada KSPSI atau Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. KSPSI lahir pada 20 Pebruari 1973 dari hasil deklarasi Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI). Ditahun 1985 tepatnya pada kongres ke II, FBSI sepakat merubah nama dan bentuk menjadi SPSI. Sedangkan pada Oktober 1994 kembali mengubah bentuk dari SPSI menjadi FSPSI dan menetapkan 13 serikat pekerja lapangan pekerjaan (SPLP) dimunas tahun 1995.

Pada masa reformasi, FSPSI terpecah menjadi dua. Tetapi berkat SPA SPSI yang bertahan bersama FSPSI, melalui Munas ke V FSPSI persatuannya kembali dengan 13 SPA SPSI bahkaneningkat menjadi 17 SPA ditahun 2000. Di tahun ini juga FSPSI merubah bentuk menjadi KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) dan SPA FSPSI menjadi SPA SPSI.

Sedangkan KSPSI kembali pecah menjadi 2 pada tahun 2005. Dan pada tahun 2008 DPP KSPSI yang Sah masih eksis dengan ketua umumnya Yakob Nuwawea juga menyelenggarakan Kongres Luar Biasa KLB di Caringin Bogor.

Sedangkan di pihak kedua, melalui rakernas ditahun 2011, merekomendasikan percepatan kongres dan menghasilkan Yorrys Raweyai sebagai ketua umum periode 2012-2017.

Kini KSPSI di pimpin oleh Andi Gani Nenawea yang merupakan anak kandung dari pendiri KSPSI sekaligus Mantan Menakertrans RI.

Yang kedua ada Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Konfederasi ini terbentuk pada 1 Febuari 2003 setelah dilakukan kongres pertama di Wisma Kinasih bogor. Aliansi Serikat Buruh Serikat Pekerja ini terbentuk berawal dari masuknya era reformasi Tahun 1998 yang mana pada saat itu SPSI terpecah dan salah satu nya bernama SPSI Repormasi. KSPI bernama awal Komite Serikat Pekerja Indonesia, dan hasil kongres tersebut sekaligus merubah nama menjadi Kongres Serikat Pekerja Indonesia KSPI. Kongres perdana itu sendiri dihadiri 11 SP/SB yaitu FSP Farkes Reformasi, FSP Kahutindo, FSP Pariwisata Reformasi, ASPEK Indonesia, FSP KEP, FSPMI, FSP PPMI, FSP ISI, PB PGRI, FSP BUMN dan SPN. Hasil kongres memilih Rustam Aksan sebagai Presiden dan Rindorindo sebagai sekjennya.

Sedangkan pada kongres II pada 31 Januari – 1 februari 2007 di malang, terjadi ketidak sepemahaman mengenai pemimpin organisasi yang berujung pada non aktifnya empat afiliasi KSPI yaitu ASPEK Indonesia, FSP ISI, FSP Kahutindo dan SPN. Sedangkan untuk FSP BUMN sudah mengundurkan diri dari sejak kongres pertama KSPI.

Pada kongres ke II, terpilih Thamrin Mosi dari FSPMI menjadi Presiden KSPI dan Rusli dari PGRI menjadi Sekjen KSPI.

Pada tahun 2007 tepatnya di tanggal 23 November, KSPI merubah nama menjadi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Pada kongres ke III KSPI yang dilaksanakan pada 29 Januari – 1 februari 2012 di Hotel Grand Jaya Raya Cisarua Bogor, ASPEK Indonesia, FSP ISI dan FSP Kahutindo kembali bergabung ke KSPI sehingga menggenapkan jumlah afiliasi menjadi 9 federasi.

Sedangkan Serikat pekerja Nasional atau SPN resmi bergabung kembali ke KSPI pada 1 Desember 2014.

Berdasarkan hasil kongres ke III KSPI tersebut, Platform Perjuangan KSPI terdiri dari 15 Prinsip dasar, 9 Program Aksi, 5 Pilar Utama, 10 Strategi dan 7 Isu Prioritas.

Kini KSPI di Presideni Oleh Ir. H Said Iqbal ME yang merupakan pimpinan afiliasi serikat buruh FSPMI.

Berikutnya, yang juga merupakan konfederasi terbesar di Indonesia adalah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI)

Awal mula terbentuknya KSBSI terjadi pada 22 April 1992, yang di adakan pertemuan Buruh Nasional di Cipayung, Bogor yang dihadiri oleh 104 aktifis LSM dan wakil buruh. Dan pada tanggal 25 April 1992 terbentuklah Serikat Buruh Sejahtera Indonesia atau SBSI serta menjadikan Muchtar Pahpahan sebagai ketua umum. Hal ini juga menjadi awal terbentuknya serikat buruh Independen di Indonesia sejak Indonesia di Presideni oleh Soeharto.

Saat ini KSBSI memiliki 350 DPC dan 32 Korwil. Dan Ke 11 Federasi dalam KSBSI juga telah berafiliasi ke serikat buruh Internasional IndustriAll, ITF, IE, BWI dan lain-lain.

Sekarang KSBSI di pimpin oleh Elly Rosita Silaban.

Terimakasih pemirsa telah menyaksikan tayangan TVnya buruh yang tayang setiap Senin yang mengangkat tema Seputar Tokoh Organisasi Perburuhan atau STOP. Sampai jumpa dilain kesempatan,

Saksikan Berita Vidionya Diatas, Hanya di TVnya Buruh.

Kunjungi Link Berita TVnya Buruh Lainya Link Dibawah :

https://studio.youtube.com/channel/UCISJ3-9vIWN5Vkkw113K_IQ/playlists

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSTICKER